Senin, 16 September 2013

PROFIL AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH KOTA BANDUNG

PROFIL YAYASAN/PC AL-IRSYAD AL-ISLAMIYYAH KOTA BANDUNG
Kiprah Perhimpunan Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Bandung sudah sejak tahun 1980-an dengan berbagai bentuk kegiatan, seperti kegitan da’wah dan sosial yang ditujukan terbatas bagi para anggota dan simpatisan. Pada tahun 1998 Yayasan Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Bandung menerima amanah tanah wakaf di di lokasi Jl. Cikutra No. 205A Bandung, dengan diterimanya amanah ini Yayasan bersama Pimpinan Cabang (PC) Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Bandung mulai menyelenggarakan kegiatan Pendidikan, Da’wah, dan Sosial tidak terbatas pada anggota dan simpatisan.
Pada tahun 1998 PC Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Bandung mulai mendirikan pendidikan RQ (Raudhatul Qur’an) dilanjutkan pada tahun 2001 dengan mendirikan TK Islam Terpadu, dan akhirnya pada tahun 2005 mendirikan SD Islam Terpadu yang semuanya terletak di jalan Cikutra no. 205 A. Kiprah PC Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Bandung dalam penyelenggaraan  pendidikan, telah disambut oleh masyarakat dengan positif. Hal ini dibuktikan dengan semakin besarnya tingkat animo masyarakat untuk mendaftarkan anaknya sebagai anak didik dari Lembaga Pendidikan Al-Irsyad Al-Islamiyyah. Besarnya dukungan dan animo masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang telah dikelola oleh Al-Irsyad, karena masyarakat telah merasakan manfaat nilai lebih dari peserta anak didik yang selama ini telah mereka titipkan pada Al-Irsyad Al-Islamiyyah.

Sambutan yang positif atas keberadaan Lembaga Pendidikan Al-Irsyad Al-Islamiyyah, ternyata melahirkan tuntutan baru agar Al-Irsyad Al-Islamiyyah menambah ruang belajar siswa. Bersamaan dengan diterimanya amanah kedua atas wakaf tanah di belakang Hotel Bumikitri dan Kwarda Pramuka Jawa Barat Jl. Cikutra, pada tahun Ajaran 2012 TK Islam pindah kelahan baru tersebut, dengan kondisi dua kelas parallel untuk pra-TK dan dua kelas parallel untuk TK yang masing-masing kelas mampu menampung 20 murid, sedangkan untuk SD Islam Terpadu tetap menempati lahan di Jalan Cikutra No. 205 A.
Ternyata dengan adanya penambahan fasilitas tersebut  animo masyarakat untuk memasukkan anaknya ke SD Islam Terpadu Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Bandung semakin tinggi, sehingga saat ini muncul tuntutan untuk penambahan ruang belajar siswa SDIT Al-Irsyad Al-Islamiyyah.
Disisi lain, sebagai salah satu Organisasi Massa Islam di Bandung, Pimpinan Cabang Al-Irsyad Al-Islamiyyah tidak hanya menyelenggarakan lembaga pendidikan, tetapi juga melaksanaan beberapa kegiatan baik untuk internal maupun untuk dan melibatkan masyarakat sekitar. Adapun kegiatan tersebut di antaranya :
1.      Penyelenggaraan pengajian Tafsir Al-Qur’an, Tajwid dan tahsin
2.      Menyemarakkan kegiatan Ramadhan, buka puasa dan santunan terhadap anak yatim, pengumpulan dan pembagian zakat dan diakhiri dengan Haflatul ‘Ied
3.      Pelatihan – pelatihan keagamaan seperti Pemulasaraan Jenazah
4.      Menyemarakan kegiatan Iedul Adha, Pengelolaan dan pembagian daging kurban
5.      Penyelenggaraan Amal sosial seperti khitanan masal, bazzar, penyerahan bantuan bencana dll

Inilah salah satu jawaban yang hendak diberikan perhimpunan Al-Irsyad kota Bandung: bahwa penyelenggaraan pendidikan harus merupakan bagian yang integral dari perwujudan ibadah dan taqorrub kepada Allah SWT, agar dapat menunjang dan merespon berbagai amal sholeh lainnya baik di bidang dakwah maupun muamalah. 

1 komentar:

  1. Assalamu'alaikum Wr Wb..
    Apakah ada lowongan pekerjaan mengajar?

    BalasHapus